hajimari

Bijak Pake Perangkat Navigasi

Walau bukan teknologi baru, ternyata banyak lho yang mengeluhkan penggunaan perangkat navigasi, khususnya karena perangkat navigasi ini sekarang bisa ditemukan dimana-mana termasuk di ponsel cerdas. Kalo dulu, perangkat ponsel belum seperti sekarang, ada perangkat khusus untuk menggunakan navigasi dengan peta yang biasanya di perbarui secara berkala. Sekarang, ponsel 1juta pun sudah dilengkapi dengan GPS dan Selengkapnya tentangBijak Pake Perangkat Navigasi[…]

Kendaraan listrik : Baterai vs Fuel Cell

Kendaraan listrik itu tidak se-hijau yang dibayangkan. Baterainya aja terbuat dari logam-logam yang harus di tambang, dan setelah rusak jadi polusi. Belum lagi penambanganya juga bikin polusi. Jangan lupa listriknya sendiri juga lebih dari 50% dari bahan bakar yang melepaskan gas karbon ke udara. Yup, pernyataan diatas benar, tapi dengan menggunakan kendaraan listrik, kita bisa Selengkapnya tentangKendaraan listrik : Baterai vs Fuel Cell[…]

Selalu Waspada Saat Ber-‘Motor’

Karena perjalanan berkendaraan lebih dari 1 jam, saya jadi sering mikirin macem-macem ngalor ngidul. Salah satunya review jalan jauh bawa motor, dari mudik waktu zaman kuliah bareng keluarga besar sampe beberapa kali bareng istri ‘pulsar’-an ke Klaten via Kebumen. Salah satu yang saya dapat dari perjalanan panjang itu adalah, dalam berkendaraan roda dua khususnya kita Selengkapnya tentangSelalu Waspada Saat Ber-‘Motor’[…]

Sudah diputuskan, tetap PCX

Entah kenapa buat saya menulis itu seperti melatih otak untuk bekerja setelah melakukan kegiatan membosankan berkelanjutan. Membuat saya berfikir lebih jernih, mengembalikan prinsip-prinsip yang sebelumnya pudar karena tergiur hal lain, dan akhirnya dapat menetapkan hati. Dari judul dan paragraf pembuka, sudah tahukan? Walaupun sebelumnya dikecewakan dealer, katanya yang bisa dipesan hanya yang putih, tapi berkat Selengkapnya tentangSudah diputuskan, tetap PCX[…]

NMAX, PCX atau Aerox?

Sudah dapat aproval dari menteri keuangan keluarga, tapi kok ya malah bingung. Tadinya enggak terlalu perduli sama performa mesin untuk motor dengan transmisi CVT, tapi belakangan setelah baca beberapa artikel kok ya performance sepertinya jadi ikut penting. Gara-gara ini akhirnya NMAX dan Aerox jadi kembali masuk opsi pilihan kendaraan pengganti Vario 125 yang sudah hampir Selengkapnya tentangNMAX, PCX atau Aerox?[…]

Motor Hybrid itu, Kira-kira Berapa Harganya?

Agaknya masih menggelitik pikiran saya setelah kemarin menulis kemungkinan sebuah motor sekuter hybrid. Harganya, kira-kira berapa? Tentu saja sebelum kita membicarakan harga, pertama-tama kita lihat dulu apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudukan itu. Baterai Baterai tentu jadi hal yang utama untuk sebuah kendaraan hybrid. Sudah pasti menggunakan baterai Lithium untuk memperoleh kepadatan energi maksimal. Lalu, Selengkapnya tentangMotor Hybrid itu, Kira-kira Berapa Harganya?[…]

Hybrid Dulu Elektrik Kemudian

Di Indonesia ini ada orang-orang yang takut motor elektrik, seperti mbah saya takut pake kompor gas. Kalo emabah saya malah lebih pinter, takut meledak katanya, ya karena dulu sering lihat tabung gas meledak di TV. Tapi kalo yang takut elektrik ini, enggak tau deh kenapa. Saya sih juga masih takut kalo infrastruktur enggak mendukung, tapi Selengkapnya tentangHybrid Dulu Elektrik Kemudian[…]

Bikin Startup Motor Listrik Yuk! Bagian-2

Kali ini saya mau tulis tentang baterai. Kendaraan listrik masalahnya tuh bukan cuma di motor penggeraknya, tapi baterai adalah masalah utama. Kenapa masalah utama? Karena enggak sampai sekarang yang bisa ngalahin kerapatan energi dari bahan bakar minyak. 1 Liter BBM itu kira-kira isinya antara 8-9 kWh. Nah, kalo di skutik ada 3 liter berarti sudah Selengkapnya tentangBikin Startup Motor Listrik Yuk! Bagian-2[…]

Mobil Listrik Pemegang Lap Record Nurburgring

Lagi browsing-browsing tentang kendaraan listrik, eh tiba-tiba muncul nama NIO EP9. Nah, ternyata mobil listrik ini pemegang lap record di Nurburgring. Maksunya apa? Ya seperti yang tertulis, artinya mobil listrik ini adalah mobil yang tercepat di nurburgring, dia lebih cepat dari Lamborgini Huracan Performante, Porche 918 Spyder, Nissan GT-R Nismo, Mercedes AMG GT-R, atau bahkan Selengkapnya tentangMobil Listrik Pemegang Lap Record Nurburgring[…]

Bikin Startup Motor Listrik Yuk! Bagian-1

Judulnya kesanya ngajak, tapi enggak punya modal 😛 Tapi intinya sih buat kalian yang bermodal, buat kalian yang punya duid, silahkan ini ada suatu pasar baru di dunia yang kemungkinan akan segera masuk ke Indonesia. Kenapa enggak jadi tuan rumah di negeri sendiri? Kendaraan listrik buatan Indonesia untuk pasar Indonesia, gimana? Di Norwegia selama 8 Selengkapnya tentangBikin Startup Motor Listrik Yuk! Bagian-1[…]